Pertemuan 6
1. Jelaskan tantangn utama dalam B2C
1. Membutuhkan os dan aplikasi khusus
2. Membangun privasi dan kepercayaan konsumen
3. Menciptakan ketergantungan dan loyalitas
4. Kelengkapan, keragaman dan ketersediaan barang/jasa
2. Jelaskan Produk-produk B2C dan berikan contohnya
1. Produk digital, seperti lagu, album, film program komputer dan update dan jasa
2. Produk fisik, pejual dapat membuat melalui internet namun pengiriman harus diatur. Perkembangan surat pribadi/perusahaan pengiriman barang secara tidak langsung membantu penjualan e-commerce
3. Jelaskan keuntungan apa saja dari B2C
Keuntungan Business to Consumer (B2C) dibagi menjadi
1. Keuntungan Business to Consumer (B2C) bagi company atau perusahaan adalah:
a. Dapat mempromosikan produk mereka secara luas.
b. Dapat melayani transaksi selama 24 jam penuh tanpa terganggu waktu libur ataupun break.
c. Dapat langsung berinteraksi dengan customers tanpa perantara.
d. Dapat meminimalkan cost yang dikeluarkan.
2. Keuntungan Business to Consumer (B2C) bagi customers adalah:
a. Dapat melakukan pembelanjaan dengan mudah.
b. Memiliki banyak pilihan dan waktu utnuk menentukkan yang disukai.
4. Jelaskan bagaimana Bisnis Proses B2C
a. Who : segmentasi pasar
b. What : layanan / produk yang ditawarkan
c. How : bagaimana cara kerjanya
5. Jelaskan bagaimana melakukan promosi
1. Promosi
Sampai pada tahun 2004 alokasi dana perusahaan rata-rata untuk iklan di internet
sampai sebesar 8%
Format: baner, buttons, rich-media baneer(flash & aplikasi lain).
2. Ordering
Situs dengan tipe commerce-oriented menyediakan layanan lengkap, mulai dari akses
ke database produk, pemesanan sampai pengiriman
3. Delivery
Pengiriman dibagi 2 jenis yaitu
a. Pengiriman dapat melalui intenet seperti menggunakan software, e-book,
multimedia
b. Pengiriman secara fisik contohnya cd/dvd, buku, kaset/video-tape
4. After sales service
After-sales service dapat melalui email, internet, messenger, bulletin board/forum.
Selain itu after-sales service menggunakan berbagai teknologi terbaru seperti CRM,
Data mining tool, Sistem terintegrasi yang berbasis pelanggan. Berdasarkan survey
yang dilakukan 90% pelanggan lebih menyukai pelayanan berbasis telepon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar