Jumat, 03 November 2023

E - Business 5

 PERTEMUAN 5


1. Jelaskan evolusi e-bussiness

1. Fase Inovasi (1995-200)

Fase Inovasi memiliki beberapa ciri diantara sebagai berikut:

E-Bisnis dijalankan berdasarkan pada perkembangan teknologi(technology driven), seperti perkembangan internet, komunikasi dan pertukaran data dan lain sebagainya.

2. Fase Konsolidasi (2001-2006)

Pada fase ini E-Bisnis dijalankan berdasarkan pada aspek bisnis(bussinesdriven). Pada Fase ini E-Bisnis tidak hanya lagi hanya sebatas inovasi teknologi yang mendukungnya, tetapi dijalankan pada perencanaan bisnis, sehingga strategi yang dilakukan ialah perpaduan antara strategi bisnis konvensional dan teknologi online

3. Fase Re-Invensi (2006-Sekarang)

Pada fase ini E-Bisnis dijalankan dengan didasarkan pada pelanggan, audiens dan komunitas organisasi bisnis (customer, audience and community driven). Jadi Fase ini tidak hanya semata-mata mengejar target penjualan atau laba tetapi juga memperhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan pelanggan dan target pasar mereka (pertumbuhan jaringan sosial).

2. Jelaskan alasan-alasan terjadinya evolusi E-Business

1. Sangat berhati-hati

2. Resiko lebih kecil

3. Benar-benar memberikan value kepada konsumen

 3. Jelaskan diagram relasi E-Business

Didalam dunia e-bussiness begitu banyak yang ditawarkan oleh para vendor. Berbeda dengan perkembangan aplikasi di dunia nyata yang bermula dari pake-paket aplikasi yang bersifat funsional, didunia maya beragam aplikasi e-bussiness dibangun berdasarkan paradigma proses(bussiness process).

4. Jelaskan Industry Transformation yang terjadi

Transformasi industri terjadi sebagai hasil dari perusahaan yang telah menyadari benar kekuatanya dan dapat memanfaatkan peluang e-bisnis yang akan ditawarkan oleh internet dan dunia maya.

5. Jelaskan 4 tahapan evolusi

1. Channel Enhancement

Perusahaan konvensional yang ingin memanfaatkan internet dapat memulai dengan mempergunakan teknologi informasi sebagai kanal tambahan dan alternatif dalam menghubungkan perusahaan dengan para pelangganya.

2. Value-Chaon Integration

Menurut Michael Porter, value chain (rantai nilai) merupakan rangkaian proses atau aktivitas perubahan bahan mentah menjadi produk jadi. Karena bahan mentah yang dibutuhkan oleh perusahaan pada dasarnya merupakan output atau produk dari rangkaian rantai nilai perusahaan lain sebagai pemasoknya, maka pengintegrasian kedua rantai nilai ini akan semakin meningkatnya efesiensi dan efektivitas proses penciptaan produk secara keseluruhan.

3. Industry Transformation

Transformasi industri terjadi sebagai hasil dari perusahaan yang telah menyadari benar kekuatanya dan dapat memanfaatkan peluang e-bisnis yang akan ditawarkan oleh internet dan dunia maya.

4. Convergence

Konvergensi antara lebih dari sati industri terjadi karena dengan adanya internet perusahaan dapat secara mudah berkolaborasi dan berkooperasi untuk menciptakan produk-produk baru yang tidak mungkindapat diciptakan tanpa adanya kerja sama tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

E - Business 13

   PERTEMUAN 13 1. Jelaskan bagaimana cara untuk melakukan promosi Promosi adalah strategi kunci dalam memperkenalkan produk, layanan, atau ...